Senin, 28 September 2015

Proyek Kereta Bandara Soetta Dimulai 6 Oktober, Rencananya Disaksikan Jokowi



Agen13 "Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan menyaksikan proses groundbreaking atau pencanangan tiang perdana, proyek Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), pada 6 Oktober 2015. Lokasi groundbreaking berada di area stasiun di area Bandara Soetta, Tangerang.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Railink, Heru Kuswanto kepada detikFinance, di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Selasa (29/9/2015).

"Groundbreaking akan dilakukan pada 6 Oktober. Rencananya disaksikan oleh Bapak Presiden," kata Heru.

Saat ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai induk Railink, sedang menyelesaikan proses pembayaran tanah warga yang terkena proyek KA Bandara. Proses pembayaran sedang berlangsung untuk jalur baru sepanjang 12,1 kilometer (km), dengan lahan yang dibebaskan sebanyak 815 bidang atau seluas 36,3 hektar.

"Proses pembayaran sudah berjalan. Setiap minggu ada pembayaran. Pembayaran dilakukan setelah ada verifikasi dari BPN (Badan Pertanahan Nasional). Semua warga sudah bersedia dibebaskan, tinggal ada proses verifikasi," ujarnya.

Pekerjaan prasarana seperti jalur kereta hingga stasiun akan dilakukan oleh KAI, sedangkan Railink akan melakukan pengadaan rolling stock atau kereta, dan mengoperasikan KA Bandara Soetta.

"Pekerjaan konstruksi bisa selesai 1 tahun. Beroperasi akhir 2016," ujarnya.

Seperti diketahui, KA Bandara Soetta ini akan berangkat dari Stasiun Manggarai-Stasiun Bandara (Airport Railway Station/ARS) sepanjang 36,3 km. Waktu tempuh antara Stasiun Manggarai-Sudirman mencapai 56 menit. Proyek ini sempat terkendala beberapa kali karena persoalan pembebasan lahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments System

Disqus Shortname